Jumat, 09 Oktober 2020
TUJUAN TIPOGRAFI
Tujuan daripada tipografi untuk (1) Meningkatkan dan mengoptimalkan
“nilai untuk dibaca”; (2) Menciptakan hubungan yang kontekstual; (3) Memberikan
informasi yang berarti dan menunjukkan hierarki; (4) Menciptakan kesadaran &
menunjukkan keberadaan; serta (5) Mengkomunikasikan emosi. Tipografi harus
diseleksi dan digunakan dengan “sepantasnya”. Kita sebagai manusia berkomunikasi
melalui apa yang kita lakukan dan yang tidak kita lakukan. Oleh karena itu,
Tipografi merupakan tool serba guna untuk menyampaikan informasi. Selain
mengkomunikasikan makna sesungguhnya, typography juga menyampaikan: Asal
(origin), Tujuan (objective), Sikon/lingkungan (environment), dan Waktu saat itu
(point in time). Dalam desain komunikasi visual tipografi dikatakan sebagai
‘visual language’, yang berarti bahasa yang dapat dilihat. Tipografi adalah
salah satu sarana untuk menterjemahkan kata-kata yang terucap ke halaman yang
dapat dibaca. Peran dari pada tipografi adalah untuk mengkomunikasikan ide atau
informasi dari halaman tersebut ke pengamat. Secara tidak sadar manusia selalu
berhubungan dengan tipografi setiap hari, setiap saat. Pada merek dagang
komputer yang kita gunakan, koran atau majalah yang kita baca, label pakaian
yang kita kenakan, dan masih banyak lagi. Hampir semua hal yang berhubungan
dengan desain komunikasi visual mempunyai unsur tipografi di dalamnya. Kurangnya
perhatian pada tipografi dapat mempengaruhi desain yang indah menjadi kurang
atau tidak komunikatif.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar